7/09/2023

10 Makanan Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut

Menciptakan tampilan rambut sesuai yang diinginkan tidak selalu mudah. Baik itu beruban, rambut rontok, atau pertumbuhan yang lambat, mungkin Anda berharap dapat menggunakan tongkat ajaib untuk membuatnya tampak sehat dan kuat kembali.

Namun, seperti banyak fitur fisik kita, rambut kita dipengaruhi oleh berbagai faktor. Genetika, lingkungan, stres, dan lainnya memainkan peran dalam kesehatan dan pertumbuhan rambut kita. Beberapa faktor ini dapat kita kendalikan, namun tidak semuanya. Tetapi ada satu aspek gaya hidup yang memegang peran penting, yaitu pola makan kita.

Beberapa nutrisi terkait dengan pertumbuhan rambut yang sehat, antara lain protein, riboflavin, biotin, vitamin C, vitamin A, asam lemak omega-3, dan zat besi. Anda dapat meningkatkan asupan nutrisi ini dengan mengonsumsi makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Seperti pilihan nutrisi lainnya, yang terbaik untuk menjaga kesehatan rambut Anda adalah dengan mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral. Meskipun suplemen dapat memberikan bantuan, namun lebih baik mendapatkan nutrisi yang diperlukan secara alami. Jika Anda ingin memprioritaskan makanan untuk kesehatan rambut, berikut adalah 10 pilihan terbaik.

1. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, atau herring sering dipuji oleh para ahli gizi karena manfaatnya yang melimpah. Selain menjadi sumber protein yang kaya, yang merupakan bahan utama dalam pertumbuhan rambut, ikan berlemak juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi sel, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan yang cukup dapat berhubungan dengan penurunan kerontokan rambut. Mengenai vitamin D, perlu dilakukan analisis lebih lanjut, namun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelangkaan rambut pada tubuh.

2. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi dan seharusnya menjadi makanan yang teratur dikonsumsi dalam setiap diet sehat. Ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A dan C, serta zat besi dalam jumlah yang sehat.
Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah, yang membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda. Beberapa penelitian juga menghubungkan kerontokan rambut dengan kekurangan zat besi. Sementara itu, vitamin C membantu tubuh Anda menyerap zat besi dengan lebih baik. Terakhir, vitamin A juga penting untuk pertumbuhan sel, meskipun perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerontokan rambut dan masalah lainnya. Oleh karena itu, bayam sebagai makanan alami lebih disarankan daripada mengandalkan suplemen untuk mendapatkan nutrisi ini.

3. Telur

Telur telah terbukti sebagai sumber protein yang kuat dan telah tercatat sebagai nutrisi penting untuk kesehatan rambut. Secara khusus, telur mengandung biotin, yaitu vitamin yang membantu produksi keratin dalam tubuh, protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Lebih disarankan untuk memperoleh biotin dari sumber makanan daripada dari suplemen, karena suplemen seringkali mengandung dosis biotin yang berlebihan.

4. Alpukat

Alpukat sering disebut sebagai makanan sehat dan juga merupakan salah satu dari banyak makanan yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut. Selain kaya akan asam lemak esensial seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan, alpukat juga merupakan sumber utama vitamin E.
Vitamin E adalah sejenis antioksidan. Seperti halnya vitamin C dan antioksidan lainnya, vitamin E dapat melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap pertumbuhan rambut, satu penelitian menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin E mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5%.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar diakui secara luas sebagai "makanan super" yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena kandungan beta-karoten yang tinggi, ubi jalar juga merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Hal ini disebabkan oleh kemampuan tubuh untuk mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang telah terbukti penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

6. Yogurt

Anda mungkin terkejut menemukan yogurt dalam daftar makanan yang membantu pertumbuhan rambut, namun yogurt memang merupakan pilihan yang baik untuk ditambahkan ke dalam diet Anda untuk tujuan tersebut. Secara umum, yogurt merupakan sumber protein yang baik. Namun, yogurt Yunani memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, dengan 20 gram dalam porsi 7 ons. Selain itu, yogurt Yunani juga mengandung seng dalam jumlah yang sehat, mineral yang terkait dengan pertumbuhan rambut, serta riboflavin, vitamin penting lainnya untuk pertumbuhan sel.

7. Tiram

Mungkin tidak mudah untuk mendapatkan tiram yang lezat di daerah tempat tinggal Anda. Namun, jika Anda memiliki akses ke makanan laut yang berkualitas, tiram merupakan pilihan yang kuat sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.
Tiram kaya akan seng, mineral penting yang mendukung berbagai fungsi tubuh. Kekurangan seng tidak hanya terkait dengan berbagai gangguan kulit, tetapi juga kerontokan rambut. Bukti menunjukkan bahwa salah satu jenis kerontokan rambut yang dikenal sebagai telogen effluvium mungkin terkait dengan kekurangan seng dan vitamin D.

8. Biji dan kacang-kacangan

Jika Anda mencari camilan sederhana yang baik untuk kesehatan rambut, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat menjadi tambahan mudah untuk diet Anda. Terdapat banyak jenis yang berbeda untuk dipilih, dan biji-bijian serta kacang-kacangan menyediakan dosis nutrisi yang kuat yang telah kita bahas sebelumnya. Biji rami dan biji chia merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, sementara biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan zat besi. Semua kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein yang membantu dalam pertumbuhan rambut juga.

9. Jeruk

Jeruk, khususnya, merupakan sumber yang kuat dari vitamin C. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin esensial ini membantu tubuh Anda dalam penyerapan zat besi, sehingga sangat penting untuk menjaga asupan yang sehat dalam diet Anda. Berita baiknya adalah satu buah jeruk mandarin mengandung sejumlah vitamin C harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa.

10. Kacang dan kacang-kacang lainnya

Legum seperti buncis, lentil, dan kacang tanah juga termasuk dalam makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut. Mereka tidak hanya kaya akan protein nabati, tetapi juga merupakan sumber nutrisi penting lainnya seperti seng, zat besi, dan biotin. Sebagai contoh, satu cangkir kacang hitam mengandung sekitar 2 miligram seng, sedangkan 28 gram kacang tanah mengandung hampir 5 miligram biotin. Kedua nutrisi tersebut menyumbang sekitar 10% hingga 20% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa.

Dеrеtаn makanan dі аtаѕ memiliki kаndungаn nutrіѕі yang аkаn mеmbаntu dаlаm memanjangkan rambut. Sisipkan dаlаm kоnѕumѕі hаrіаn untuk mengimbangi pemakaian рrоduk реrаwаtаn rаmbut. Lаngkаh tersebut juga akan mеmbuаt rаmbut panjang ѕеmаkіn berkilau dаn lеbаt.