7/09/2023

5 Manfaat Kesehatan yang Menakjubkan dari Kacang Lupin

kacang lupin

Kacang adalah sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita untuk menjalankan beberapa proses metabolisme. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui manfaat kesehatan terbaik dari kacang lupin jika Anda ingin mengonsumsi lebih banyak kacang dan makanan berprotein dalam makanan sehari-hari Anda. Meskipun lentil dan legum telah menjadi populer di banyak toko bahan makanan dan supermarket, ketersediaan kacang lupin masih terbatas. Namun, profil nutrisi yang kaya membuatnya menjadi pilihan yang bagus bagi siapa pun yang ingin mengurangi konsumsi daging. Kacang yang sederhana ini memiliki sifat yang basa dan mungkin terasa pahit jika tidak dimasak dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui metode persiapan dan teknik memasak yang tepat agar dapat memanfaatkannya secara optimal. Ketahui cara persiapannya dan beberapa alasan utama mengapa Anda seharusnya mulai mengonsumsi makanan sehat ini secara teratur dalam makanan Anda.

Kacang Lupin merupakan jenis kacang berwarna kuning keemasan yang berasal dari buah tanaman Lupini. Tanaman ini termasuk dalam keluarga kacang polong, buncis, dan kacang fava. Kacang Lupinus albus banyak dibudidayakan di Amerika Latin, Yunani, Italia, Siprus, dan Palestina. Biji legum ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan sering kali dikonsumsi sebagai makanan ringan oleh masyarakat di wilayah Amerika Latin dan Mediterania. Selain dapat memberikan variasi pada stok bahan makanan di dapur Anda, kacang-kacangan yang kaya nutrisi ini juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Sebelum kita menjelajahi manfaat kesehatan terbaik dari kacang yang renyah namun rendah lemak ini, mari kita lihat profil nutrisinya.

Fakta Gizi Kacang Lupin
Berdasarkan informasi dari Departemen Pertanian AS, 100 gram kacang Lupin yang dimasak dan diasinkan mengandung nutrisi berikut ini (1):

Kalori - 106
Protein - 15,6 gram
Lemak - 2,92 gram
Serat - 2,8 gram
Kalsium - 51 miligram
Besi - 1,2 miligram
Magnesium - 54 miligram
Fosfor - 128 miligram
Kalium - 245 miligram
Leusin - 1,8 gram

5 Manfaat Kesehatan Utama dari Kacang Lupin

1. Mendukung Kesehatan Usus

Memiliki sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Usus Anda memiliki peran yang besar dalam menyerap nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi penting. Kesehatan usus yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kacang lupin mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu meningkatkan kesehatan mikrobiota usus dan kesehatan usus secara keseluruhan. Selain itu, senyawa-senyawa sehat yang terdapat dalam kacang lupin dapat mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus, sehingga mengurangi risiko terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. 

2. Mengatasi Anemia

Kacang lupin mengandung jumlah yang signifikan vitamin C yang dapat membantu dalam penyerapan zat besi dalam tubuh serta mendukung produksi hemoglobin. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko terkena anemia. Anemia ditandai dengan gejala umum seperti sesak napas, pusing, dan kelelahan. Dengan mengonsumsi kacang lupin yang telah dimasak secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko mengalami gangguan darah seperti anemia dan meredakan gejalanya.

3. Mendukung Kesehatan Kulit

Kacang lupin kaya akan antioksidan sehat yang memiliki kemampuan melawan radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini membantu melambatkan proses penuaan dan meningkatkan kesehatan kulit. Radikal bebas merupakan atom bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh serta memicu penuaan dini dan penyakit.
Antioksidan yang terdapat dalam kacang lupin membantu mencegah pembentukan bintik hitam, kerutan, dan kulit kendur. Selain itu, sifat pelindung kulit dari antioksidan juga mengurangi risiko terkena kondisi kulit serius seperti kanker kulit. Selain itu, vitamin, mineral, dan asam amino esensial yang terdapat dalam biji kacang lupin yang berwarna kuning keemasan ini memberikan nutrisi yang baik bagi sel-sel kulit, membantu mencapai kulit yang lembut, muda, dan sehat. 

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Hipertensi (tekanan darah tinggi) merupakan kondisi yang memengaruhi banyak orang di seluruh dunia. Diet tinggi natrium, gangguan ginjal, dan stres termasuk di antara penyebab umum hipertensi dan penyakit jantung lainnya. Kacang lupin merupakan salah satu sumber protein terbaik, dan protein yang terkandung dalam kacang lupin diketahui dapat mengurangi risiko terkena hipertensi serta meningkatkan fungsi endotelium pembuluh darah. Selain itu, senyawa aktif yang terdapat dalam kacang lupin dapat membantu relaksasi pembuluh darah, meningkatkan aliran darah ke jantung, dan membantu mengatur kadar kolesterol. Hal ini secara efektif mengurangi risiko terkena hipertensi, stroke, dan penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia, tulang dan otot mengalami penurunan kepadatan dan kelemahan. Dalam situasi seperti ini, mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, magnesium, dan protein dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Kacang lupin merupakan sumber yang kaya akan kalsium, mineral, protein, dan nutrisi sehat lainnya. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga memperkuatnya dan mengurangi risiko patah tulang dan masalah tulang lainnya. Selain itu, protein sehat yang terdapat dalam kacang lupin dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot rangka dalam tubuh. Hal ini tidak hanya meningkatkan mobilitas otot dan sendi, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Kacang lupin memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat digunakan dalam berbagai resep kuliner. Meskipun kacang lupin memiliki banyak manfaat, penting bagi Anda untuk mempersiapkannya dengan benar dengan merendamnya dalam air dingin selama beberapa hari untuk mengurangi risiko keracunan. Setelah senyawa alkali dibersihkan dengan merendam kacang secara menyeluruh, Anda tidak perlu khawatir dan dapat mengonsumsinya sebagai bagian dari diet Anda untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Senyawa aktif dalam kacang lupin telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung, kesehatan usus, sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan banyak lagi. Jika Anda mencari sumber protein alami yang tinggi, sertakan kacang lupin dalam makanan Anda dan siapkan diri Anda untuk merasakan manfaat kesehatan yang terbaik.