7/08/2023

Gejala COVID panjang yang mirip dengan flu, yaitu Sepsis


Dalam studi kohort berbasis populasi ini, para peneliti membandingkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, neurologis, kondisi kesehatan mental, dan artritis reumatoid dalam waktu satu tahun setelah rawat inap COVID dengan tiga kelompok yang berbeda: rawat inap sebelum pandemi untuk influenza, rawat inap sebelum pandemi untuk sepsis, dan rawat inap pasca-pandemi untuk sepsis.

Berdasarkan data, ditemukan bahwa penyakit tromboemboli vena adalah satu-satunya kondisi yang terjadi dengan tingkat yang sebanding pada pasien yang dirawat di rumah sakit karena sepsis dan flu setelah masa perawatan.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan di JAMA Network, risiko yang terkait dengan infeksi COVID-19 setelah rawat inap memiliki kesamaan dengan penyakit menular lain seperti sepsis dan flu.
Studi ini menemukan bahwa penyakit tromboemboli vena adalah satu-satunya kondisi pasca rawat inap yang terjadi pada tingkat yang sebanding antara mereka yang dirawat di rumah sakit karena sepsis dan flu.

Sebelumnya, belum ada kejelasan mengenai risiko COVID-19 pasca rawat inap dibandingkan dengan penyakit menular serius lainnya. Para peneliti mengetahui bahwa mereka yang selamat dari rawat inap COVID-19 memiliki risiko untuk mengembangkan kondisi kardiovaskular, neurologis, kesehatan mental, dan inflamasi autoimun baru.

Dalam studi kohort berbasis populasi ini, para peneliti membandingkan risiko kejadian penyakit kardiovaskular, neurologis, kesehatan mental, dan artritis reumatoid dalam waktu satu tahun setelah rawat inap COVID-19 dengan tiga kelompok yang berbeda: rawat inap pra-pandemi untuk influenza, rawat inap pra-pandemi untuk sepsis, dan rawat inap pasca-pandemi untuk sepsis.

Peserta penelitian terdiri dari orang dewasa berusia 18 tahun ke atas di Ontario, Kanada, yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 antara 1 April 2020 dan 31 Oktober 2021, dan mereka diikuti selama 1 tahun setelah rawat inap. Peserta dengan riwayat flu atau sepsis dirawat di rumah sakit antara 1 Januari 2014 dan 25 Maret 2019, sedangkan mereka yang mengalami sepsis selama pandemi dirawat di rumah sakit antara 1 April 2020 dan 31 Oktober 2021.

Terdapat jumlah kasus flu yang cukup selama pandemi untuk melakukan perbandingan yang komprehensif. Tanggal penelitian diambil dari tanggal keluar dari rumah sakit.
Dari total 379.366 peserta, 26.499 orang selamat dari rawat inap COVID-19. Dalam kelompok kontrol, 17.516 orang terkena flu dan 282.473 orang mengalami sepsis. Peserta yang mengalami sepsis selama pandemi berjumlah 52.878 orang. 

Rawat inap untuk COVID-19 terkait dengan peningkatan risiko penyakit tromboemboli vena selama 1 tahun dibandingkan dengan flu, tetapi tidak terjadi peningkatan risiko untuk kondisi pasca akut lainnya.

Demikian untuk artikel ini, Gejala COVID panjang yang mirip dengan flu, yaitu Sepsis. terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah untuk diskusi lebih lanjut. terima kasih