7/21/2023

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Brokoli adalah salah satu makanan yang menjadi favorit atau dibenci oleh banyak orang. Namun, bahkan jika Anda belum menyukai sayuran ini yang terkait dengan kubis, kembang kol, dan kubis Brussel, brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik dan tak boleh diabaikan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat makanan super ini yang perlu dieksplorasi:

Dikemas Penuh Nutrisi

Brokoli merupakan sayuran kaya nutrisi dengan kandungan vitamin C, K, A, dan folat, serta mineral seperti kalsium dan fosfor, antioksidan, serat, protein, dan masih banyak lagi. Dalam satu cangkir sayuran brokoli, Anda bisa memperoleh 75 hingga 90 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Mengandung Antioksidan Kuat

Kandungan antioksidan kuat dalam brokoli merupakan salah satu alasan mengapa sayuran ini sangat baik untuk kesehatan. Brokoli mengandung glucoraphanin yang tinggi, yang dapat diubah menjadi sulforaphane, antioksidan kuat, saat dicerna oleh tubuh. Sulforaphane memberikan sejumlah manfaat, termasuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan beberapa jenis kanker.

Menjaga Jantung Sehat

Brokoli adalah salah satu sayuran terbaik untuk kesehatan jantung. Antioksidan dalam brokoli membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Selain itu, tingginya kandungan kalium dalam brokoli membantu melemaskan pembuluh darah dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi, yang juga merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke.

Baik untuk Kesehatan Usus

Kandungan serat tinggi dalam brokoli membantu menjaga kesehatan usus dengan mencegah sembelit. Sayuran ini juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus besar, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan pencernaan.
Makan brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan usus bagi orang yang menderita kolitis dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Studi pada tahun 2017 menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi makanan yang mengandung brokoli memiliki mikrobioma usus yang lebih sehat dan mengalami peradangan yang berkurang.

Mendukung Fungsi Otak

Nutrisi dan senyawa tumbuhan yang terdapat dalam brokoli dapat membantu melambatkan penurunan fungsi otak akibat penuaan dan mendukung kesehatan otak. Ini terutama bermanfaat bagi pasien yang pernah mengalami cedera otak atau stroke.
Sulforaphane dalam brokoli membantu mendukung otak setelah terjadi kejadian seperti stroke yang dapat mengurangi pasokan oksigen ke otak. Sebuah studi pada tikus meneliti efek sulforaphane dan vitamin E menunjukkan pemulihan yang signifikan pada jaringan otak dan mengurangi peradangan saraf.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan tinggi vitamin C dalam brokoli membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda dan melindungi dari pilek atau flu, atau setidaknya mengurangi gejalanya. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh memproduksi kolagen yang mendukung kesehatan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Membantu Mengurangi Peradangan

Brokoli mengandung senyawa antiperadangan, termasuk sulforaphane, yang membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh diserang oleh infeksi atau penyakit. Mengonsumsi brokoli secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan kronis, yang sering terjadi pada penderita gangguan autoimun seperti arthritis dan diabetes tipe 1.

Mendukung Kesehatan Gigi

Brokoli juga membantu mendukung kesehatan mulut dan mencegah penyakit gigi, karena tingginya kandungan kalsium dan vitamin C. Brokoli juga mengandung Kaempferol, flavonoid yang dapat mencegah terjadinya periodontitis.

Dapat Membantu Pengendalian Gula Darah

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi brokoli dapat membantu mengurangi kadar gula darah karena kandungan antioksidan dan seratnya. Brokoli juga membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi kecambah brokoli selama satu bulan dapat menurunkan resistensi insulin pada peserta. Hal ini membuat brokoli menjadi makanan yang sangat sehat bagi penderita diabetes.

Jadi, selain rasanya yang lezat, brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa dan sebaiknya menjadi bagian dari diet Anda untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.