7/19/2023

Manfaat Jus Apel Yang Wajib Kamu Ketahui


Bukankah kita semua tumbuh dengan mengenal idiom terkenal yang menyatakan kehebatan apel? Kita semua dengan patuh mendengarkan orang tua kita setiap kali mereka memuji apel montok segar dan menyebut manfaat terbaik dari jus apel. --

Namun, jika Anda belum memasukkan minuman ajaib ini ke dalam rutinitas Anda, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali. Salah satu minuman tersehat di luar sana adalah jus apel, yang sarat dengan berbagai manfaat serbaguna.

Beberapa kualitas menguntungkan dari apel dapat ditingkatkan ketika diolah menjadi jus. Temukan lebih lanjut saat kami mengulas manfaat jus apel, profil nutrisinya, efek sampingnya, dan informasi lainnya.

Jumlah nutrisi dalam jus apel sama dengan apel mentah, karena jus ini diekstraksi dari apel yang sudah matang. Namun, perlu diingat bahwa jus apel kemasan sering mengandung bahan pengawet yang dapat mengurangi kandungan gizi buah. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi jus apel kemasan tersebut.

Simak daftar manfaat jus apel yang akan membuat Anda terpesona dan semakin jatuh cinta dengan minuman ini.

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu vitamin yang mendapat banyak pujian adalah Vitamin C, yang hadir dalam jumlah melimpah dalam jus apel, menjadikannya pilihan yang diinginkan oleh banyak orang. Meskipun Vitamin C telah diketahui memberikan beberapa manfaat, salah satu fungsi yang dianggap paling penting adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.

Dengan mengonsumsi Vitamin C secara teratur dalam rencana diet Anda, Anda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan flu musiman dan penyakit menular lainnya.

2. Membangkitkan Tingkat Hidrasi Anda

Apakah jus apel dapat membantu Anda terhidrasi? Jika pertanyaan tersebut membingungkan Anda, maka jawabannya adalah ya. Jus apel mengandung banyak air, menjadikannya pilihan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan hidrasi namun merasa bosan dengan air putih.

Beberapa dokter anak bahkan merekomendasikan campuran setengah jus apel dan setengah air untuk anak-anak yang sakit dan berusia lebih dari satu tahun yang mengalami dehidrasi ringan.

Jus apel merupakan penyelamat bagi mereka yang ingin menikmati minuman manis tanpa harus mengonsumsi sirup atau minuman buatan yang mengandung banyak pengawet.

3. Kunci Menjaga Kesehatan Jantung

Apel dianggap sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena mengandung senyawa tanaman polifenol dan flavonoid dalam konsentrasi yang signifikan. Penelitian juga menunjukkan bahwa polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi penumpukan pada arteri.

Dengan menyertakan satu atau dua gelas jus apel dalam pola makan Anda, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit arteri koroner karena jus apel diketahui memiliki efek antioksidan. Apel juga mengandung kalium, mineral yang bermanfaat dalam mengurangi stres dan mengendalikan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun bukanlah ramuan ajaib yang dapat langsung menurunkan berat badan secara instan, jus apel dapat membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan mengendalikan keinginan makan yang cepat timbul.

Berdasarkan penelitian, berbagai percobaan pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dalam berbagai bentuk dapat menyebabkan penurunan berat badan. Polifenol yang terkandung dalam apel juga memiliki sifat anti-obesitas.

Manfaat kesehatan dari jus apel dapat mengejutkan Anda dengan cara yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Kandungan flavonoid dalam apel menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang sedang menjalani diet dan ingin menurunkan berat badan. Meskipun tidak bisa memberikan hasil instan, jus apel dapat menjadi bagian penting dalam usaha Anda mencapai berat badan yang lebih sehat.

5. Membantu Mengurangi Gejala Asma

Jus apel kaya akan antioksidan, dan juga mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-alergi yang dapat membantu mengurangi keparahan serangan asma serta meredakan gejalanya.

Jadi, jika Anda berusaha untuk menjalani gaya hidup sehat dengan fungsi paru-paru yang lebih baik, menambahkan jus apel ke dalam rencana diet Anda bisa menjadi kunci keberhasilannya.

Namun, sangat penting untuk memilih jus apel yang dibuat di rumah dari apel segar daripada yang dikemas dalam kemasan, karena jus kemasan sering mengandung banyak gula yang dapat memperburuk gejala asma Anda. Asupan gula berlebih juga telah diketahui sebagai faktor utama penyebab asma pada anak-anak.

6. Membantu Melindungi Otak Anda

Selain berpotensi memiliki sifat anti-kanker, komponen yang ada dalam apel juga dapat membantu dalam pengobatan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts-Lowell menunjukkan bahwa jus apel memiliki potensi untuk membantu memperbaiki gejala pada pasien yang menderita Alzheimer dari stadium sedang hingga akhir. Dengan demikian, menambahkan jus apel ke dalam pola makan Anda dapat berkontribusi dalam melindungi kesehatan otak Anda.

7. Mencegah Gangguan Mata

Apel kaya akan Vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A tidak hanya menjaga penglihatan tetap tajam, tetapi juga membantu melawan berbagai gangguan mata.

Oleh karena itu, untuk menjaga penglihatan Anda tetap jernih dan memastikan kesehatan mata Anda selalu terjaga, tambahkan jus apel ke dalam rencana diet Anda dan rencanakan untuk setiap anggota keluarga.

Meskipun jus apel tersedia di mana-mana dengan berbagai merek dan bahan, tak ada yang sebanding dengan kenikmatan segelas jus apel segar yang Anda buat sendiri di rumah. Berikut adalah resep untuk membuat dan menikmati jus apel di rumah.

Kesimpulan:

Bagi Anda yang selalu menyukai apel dan ingin merasakan semua manfaat nutrisi yang ditawarkan buah ini sepanjang hidup, membuat jus apel adalah pilihan yang tepat. Rasanya yang tak terbantahkan dalam segelas jus apel serta cara kerjanya yang sempurna untuk menyegarkan dahaga membuatnya menjadi pilihan yang menggugah selera.

Jadi, tunggu apalagi, siapkan dapur Anda dengan apel yang matang dan berair.